Rabu, 10 Oktober 2018

Praktek Jual Beli

Praktek Jual Beli
Kelas 3 Abdurrahman Bin 'Auf pada hari ini melakukan kegiatan praktek jual beli. Memberikan pembelajaran kepada anak didik secara langsung praktek jual beli, bagaimana tawar menawar dalam perdagangan, adab dalam berjual beli dan tak boleh lupa ijab qabul dalam jual beli agar jual beli yang dilakukan sah...

Berikut sekilas tentang jual beli

Secara terminiologi, jual beli memiliki arti transaksi tukar menukar barang atau uang yang berakibat pada beralihnya hak milik barang atau uang. Prosesnya dilaksanakan dengan akad, baik secara perbuatan maupun ucapan lisan. Hal ini dijelaskan dalam kitab Tauhidul Ahkam atau Kitab Hukum Tauhid, 4-211.

Dalam Fiqih Sunnah, jual beli sendiri adalah tukar menukar harta (apapun bentuknya) yang dilakukan mau sama mau atau sukarela atau proses mengalihkan hak milik harta pada orang lain dengan kompensasi atau imbalan tertentu. Menurut fiqh sunnah, hal ini boleh dilakukan asalkan masih dalam koridor syariat. Seperti harta dan barang yang dijual belikan adalah halal, bukan benda haram, atau asalnya dari jalan yang haram.

Syarat-Syarat Jual beli dalam Islam
  1. Transaksi di Lakukan dengan Ridha dan Sukarela 
  2. Barang Bukan Milik Orang Lain 
  3. Larangan Jual Beli Hasaath  
  4. Menjelaskan Cacat Barang

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar