3 TIPS MEMUPUK KEMANDIRIAN ANAK MENURUT ABAH IHSAN

Hasan Syafi'i
0


 

SDITALAMINKAPUAS.SCH.ID - Mengajarkan kemandirian pada anak perlu dilakukan sejak usia dini agar sikap mandiri benar-benar tumbuh dalam diri. Kemandirian sebaiknya sudah diajarkan dan ditanamkan sejak anak berusia 2 hingga 5 tahun. Karena pada usia tersebut, sikap anak mulai terbentuk menjadi sebuah fondasi yang akan dibawanya hingga dewasa. 

Founder Auladi Parenting School, Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhori atau sapaan akrabnya Abah Ihsan mengatakan perlunya kedekatan antara orang tua dengan anak untuk memupuk sikap kemandirian bisa melakukan kegiatan 3B bersama anak; Bermain, Bicara dan Belajar.

Hal ini dia sampaikan pada Seminar Parenting "Melatih Kemandirian Anak Agar Survive Dengan Kebaikan" yang diselenggarakan oleh Yayasan Islam Al Amin Kapuas bersama Komite Sekolah Islam Terpadu Al Amin Kapuas, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kabupaten Kapuas, Sabtu (11/02/2023).

Dihadiri oleh lebih dari 200 peserta, Abah Ihsan menjelaskan bahwa perlunya kegiatan 3B tersebut dilakukan saat dirumah agar terciptanya kedekatan antara orang tua dan anak. "Sediakan waktu bersama anak bukan sisa waktu bersama Anak dan lakukan 3B (Bermain, Bicara, dan Belajar) agar kedekatan antara orang tua dan anak semakin lekat" ungkap Abah Ihsan

Abah Ihsan menutup kegiatan dengan closing statement, "Menjadi orangtua itu memang capek, tinggal kita memilih capek sekarang atau nanti ketika anak sudah tumbuh dewasa. Anak adalah investasi paling besar orangtua, apa yang kita lakukan sekarang adalah untuk mempersiapkan anak-anak kita nanti untuk menjadi pribadi yang baik akhlaknya.

Seminar parenting berlangsung selama 3 jam yang diikuti oleh orang tua siswa, guru dan karyawan serta beberapa kepala sekolah dibawah naungan Sekolah Islam Terpadu Al Amin Kapuas dan Pondok Pesantren Al Amin. Kegiatan Seminar Parenting ini merupakan rangkaian agenda Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diadakan satu kali setiap tahunnya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)