Super Camp Part II : "Menjalin Ukhuwah, Membangun Kemandirian"

Hasan Syafi'i
0

 

Sditalaminkapuas.sch.id - Mengangkat tema "Menjalin Ukhuwah, Membangun Kemandirian", Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Amin Kapuas kembali melaksanakan kegiatan Al Amin Super Camp untuk kedua kalinya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Al Amin Super Camp diadakan di Taman Labirin Pelaihari, Jalan Ahmad Yani Km 51, Kawasan Agrowisata BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kegiatan diadakan satu kali dalam setahun, menjadi kegiatan yang sangat dinanti-nantikan oleh siswa khususnya untuk kelas tinggi. Al Amin Super Camp adalah program yang diperuntukkan bagi siswa kelas VI untuk jenjang SD, seluruh siswa jenjang SMP, dan seluruh siswa jenjang SMA IT Al Amin Kapuas.

Sesuai dengan tema, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok gabungan antara SD, SMP, dan SMA IT Al Amin untuk saling menjalin ukhuwah. Tak hanya itu, siswa juga diberi tugas dan tanggung jawab secara berkelompok untuk memasak, membersihkan alat masak dan membangun tenda sebagai wujud untuk membangun sikap kemandiriannya.

Al Amin Super Camp dilaksanakan selama dua hari satu malam, dimulai dari tanggal 25-26 Agustus 2023. Upacara pembukaan mengawali kegiatan tersebut, kegiatan dibuka oleh Ustadz Agus Setiawan.

Agus Setiawan mengungkapkan, kegiatan Super Camp untuk melatih dan mendidik anak-anak untuk menjadi lebih mandiri dan disiplin. Mulai dari konsumsi yang tidak langsung disiapkan oleh panitia, melainkan dari peserta langsung yang memasak dan pendirian tenda secara mandiri.

"Kegiatan Super Camp tidak hanya untuk bersenang-senang saja, namun juga kegiatan Super Camp bertujuan untuk belajar untuk menjadi lebih mandiri dan lebih disiplin lagi. Baik dari konsumsi maupun juga dalam hal pendirian tenda." Ungkapnya dalam sambutan pembukaan.

Selain itu, pengalaman dua hari satu malam juga akan memberi kesan tersendiri untuk mereka tentang bagaimana hidup bersama teman baru dan lingkungan baru tanpa adanya gadget.

Sebagaimana tahun sebelumnya, kegiatan-kegiatan Super Camp tak boleh tertinggal ialah Khataman Qur'an 30 Juz, Sholat Qiyamul Lail, dan Pentas Seni. Dengan kreatifitas dan keunikannya, peserta menampilkan pentas seni yang menarik dan mengundang tawa.

Dokumentasi Kegiatan


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)